Tips Asuransi Mobil Bekas Terbaik

Tips Asuransi Mobil Bekas Terbaik

Asuransi tidak hanya dapat digunakan pada mobil baru, asuransi mobil bekas juga bisa dilakukan untuk mendapat perlindungan. Asuransi kendaraan berarti pertanggungan atas kehilangan atau kerusakan kendaraan.

Pada dasarnya garansi yang akan ditanggung adalah berupa kerusakan dari mobil itu sendiri, serta tanggung jawab badan hukum lain yang dirugikan selama menggunakan mobil tersebut.

Banyak hal yang bisa saja terjadi meskipun tidak mobil baru, asuransi mobil bekas perlu untuk dipertimbangkan sebaik mungkin. Jenis asuransi mobil TLO sering direkomendasikan untuk mobil bekas.

Mengenal Asuransi TLO

TLO atau Total Loss Only merupakan jenis asuransi yang menjamin perlindungan terhadap kerugian total. Pertanggungan asuransi jenis TLO ini akan berlaku jika obil mengalami kerusakan atau kerugiannya besar.

Contohnya, kerusakan parah mobil hingga 75% lebih akibat kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan, atau hilang akibat tindak pidana dan belum ditemukan dengan waktu lebih dari 60 hari setelah kejadian dilaporkan.

Sebagai pemilik polish asuransi bisa melakukan klaim jika mobil bekas kita hilang, dicuri, atau rusak berat minimal 75%. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi yang telah disepakati sebelumnya.

Itulah kenapa besaran premi untuk jenis asuransi TLO jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis asuransi all risk. Hal ini karena asuransi TLO memberikan jumlah minimum kerusakan pada kendaraan. Selain itu, ada sejumlah syarat khusus yang harus dipenuhi untuk bisa mengklaim asuransi ini.

TRENDING  5 Asuransi Mobil Online Terbaik

Sementara untuk asuransi all risk, pertanggungan yang diberikan mencakup kerusakan ringan atau besar. Seperti goresan pada body, kerusakan akibat pencurian dan lain sebagainya sesuai yang yang tertulis dalam polis asuransi.

Tips Memililih Asuransi Mobil Bekas

1. Kondisi Kendaraan

Sebelum memutuskan untuk membeli dan memilih asuransi mobil bekas,  Anda perlu mengetahui kondisi kendaraan sebelum didaftarkan pada perusahaan asuransi.

Kondisi mobil bekas tentu berbeda- beda, seperti perform mesin yang menurun. Meski tidak semua sama sebaiknya mengethau detail keadaan bagian dalam dan juga mesinmobil.

Jika Anda  memiliki mobil bekas berusia kurang dari 5 tahun, lebih baik memilih asuransi yang jenis komprehensif. Pilihan ini untuk mengurangi biaya perbaikan kerusakan kecil. Meskipun biaya kerusakannya tidak tinggi, tetapi perbaikan pada mobil bekas biasanya sering dilakukan. Jika sering ke bengkel tentu akan membuat kondisi keuangan Anda bisa lepas kendali.

Inilah alasannya penting untuk mengetahui kondisi kendaraan sebelum didaftarkan ke perusahaan asuransi. Namun jika memiliki mobil bekas berusia di atas 5 tahun, sebaiknya memilih jenis asuransi TLO.

Anda juga perlu menambah perluasan cakupan asuransi untuk melindungi kendaraan dari bencana alam untuk perlindungan pihak ketiga. Ini sangat penting untuk dilakukan!

2.Ubah nama polis asuransi

Jika Anda mencicil untuk membeli mobil bekas, biasanya nama mobil harus diubah di polis asuransi. Berbeda dengan mobil bekas yang sudah habis cicilan dan polis asuransinya.

Jika masih ada asuransinya, Anda harus segera mengubah menjadi nama Anda.  Hal ini penting diperhatikan karena jika suatu saat ingin mengajukan klaim, itu akan mudah dilakukan.

3. Batas usia asuransi mobil bekas

Untuk mendaftarkan mobil bekas ke perusahaan asuransi ada batasan usia kendaraan. Misalnya, untuk membeli polis asuransi all risk atau asuransi komprehensif. Biasanya polis asuransi jenis ini memiliki batas  usia mobil maksimal 9 tahun.

TRENDING  Jenis dan Keunggulan Asuransi Mobil Sinarmas

Sementara untuk asuransi TLO usia kendaraan yang bisa didaftarkan bisa lebih lama lagi yaitu maksimal 15 tahun. Anda harus memastikan lagi pada perusahaan asuransi tentang hal ini. Karena beda perusahaan asuransi, tentu standar usia kendaraan maksimum akan bervariasi. Sebelum memilih perusahaan auransi hal ini perlu.

4. Pilih Berdasarkan Lokasi

Alasan kenapa memilih asuransi berdasarkan lokasi adalah untuk melihat keadaan tempat tinggal pemilik polis asuransi. Hal ini dilakukan untuk memilih jenis asuransi sehingga pemegang polis tahu asuransi mana yang cocok.

Contohnya jika tinggal di daerah dengan tempat parkir yang minim dan memiliki risiko tinggi tergores atau hilang. Atau misalnya jika tinggal di lokasi yang beresiko memiliki ancaman kerusakan dan pencurian yang besar. Kemudian bisa juga jika tinggal didaerah yang rawan banjir, gempa bumi atau longsor. Hal ini akan lebih baik kedepannya untuk memilih asuransi yang tepat.

5. Memilih Asuransi Kombinasi

Jika Anda sudah familiar dengan asuransi, risiko dan sebagainya, Anda juga bisa mempertimbangkan tentang asuransi kombinasi. Misalnya, menggunakan asuransi All Risk dan TLO untuk memastikan perlindungan mobil Anda.

Misalnya, dalam waktu 2 tahun setelah membeli mobil bekas menggunakan asuransi all risk. Kemudian tahun depan menggunakan jenis  asuransi TLO. Cara ini tetap bisa membuat mobil Anda diasuransikan. Asuransi kombinasi ini juga bisa menjadi pilihan yang dipertimbangkan.