Cara Jualan Online Shop Yg Menguntungkan

Cara Jualan Online Shop Yg Menguntungkan

Cara Jualan Online – Masyarakat Indonesia dinilai sangat konsumtif. saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-2 sebagai negara paling konsumtif di dunia. Sementara di peringkat pertama adalah Singapura.

Ada banyak peluang untuk berbisnis di era digital seperti sekarang salah satu contoh ialah berjualan online . Tanpa harus mengeluarkan modal besar anda sudah dapat berbisnis secara daring mudah dan efektif untuk di lakukan .

Cara Jualan Online – Banyak produk yang dapat di jual secara online salah satu contoh nya adalaha aksesoris , kecantika , alat otomotif , perlengkapan bayi dan masih banyak lagi . berikut ini adalah 5 peluang jualan online tanpa modal

  1. Menjadi Reseller

Anda bisa menjual produk-produk berkualitas tinggi dengan kuantiti rendah  tanpa harus menyiapkan modal besar dan memiliki stok produk.

Dengan cara menginput pesanan yang baru masuk kemudian anda meneruskan ke prodesen dan prodeusenlah yang akan mengirim produk ke alamat resller atau ke penerima tergantung kebijakan dari produsen itu sendiri .

cukup bermodalkan media sosial, website atau e-commerce, serta strategi pemasaran dan promosi yang efektif, maka Anda dapat meraup keuntungan yang besar tanpa harus mengeluarkan modal besar .

  1. Secara Dropship

Selain menjadi reseller, Anda dapat memulai jualan online dengan sistem dropship, atau menjadi dropshipper.

BACA JUGA: 8 Ide Jualan Makanan Di Rumah Yang Menguntungkan

Perbedaan antara dropship dengan reseller adalah anda dapat menggunakan nama brand sendiri untuk di menjual produk dari produsen ke konsumen , secara dropship pun anda tidak perlu untuk menimbun stok barang .

Cara Jualan Online Shop Yg Menguntungkan

  1. Affiliate marketing

Apakah Anda pernah menonton video di YouTube atau membaca di blog yang menampilkan suatu produk lengkap dengan link atau kode diskon yang dapat digunakan sebagai kode diskon ketika Anda membeli produk tersebut?

Artikel Terkait  Contoh Usaha Perseorangan yang Menguntungkan

Aktivitas tersebut termasuk ke dalam affiliate marketing, di mana content creator akan memasang link atau kode khusus di konten mereka dan mendapatkan komisi jika ada audiens yang membeli dari link, atau menggunakan kode khusus tersebut.

Satu hal yang perlu di perhatikan ialah  perusahaan biasanya lebih menyukai traffic yang berkualitas tinggi  untuk meningkatkan kemungkinan kondumen  membeli produk tersebut.

Setelah mengetahui beberapa peluang jualan secara online tanpa modal berikut ini adalah 8 cara berjualan online tanpa modal :

  1. Memanfaatkan akun media sosial yang ada

Media sosial merupakan salah satu media pemasaran yang harus dimaksimalkan penggunaannya untuk mengenalkan dan memasarkan produk atau jasa  yang dijual secara online.

Beberapa  platform media sosial yang dapat digunakan, seperti Instagram, Facebook dan  Twitter. Pastikan anda memanfaatkan beberapa platform tersebut dengan baik dan bijak agar produk yang anda jual memiliki pengunjung dan pembeli yang banyak

Selain platform media sosial yang dapat digunakan, seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan LinkedIn pengguna juga dapat membeli produk dengan mengakses beberapa website seperti shopee, lazada , tokopedia dll.

  1. Menentukan produk dan jasa yang akan di jual

Disini di sarankan untuk tidak menjual produk yang anda minati karna produk yang anda minati belum tentu konsumen butuhkan hanya 40% kemungkinan konsumen membutuhkan produk yang anda jual jika anda menjual produk yang anda senangi .

BACA JUGA: Contoh Usaha Perseorangan yang Menguntungkan

  1. Pelajari semua produk yang di perjual beli kan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah memutuskan produk apa yang ingin dijual, Anda juga harus memahami produk tersebut. Memahami dan  Anda mengetahui spesifikasi produk, cara perawatan, kualitas yang ditawarkan, komposisi produk, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait  6 Perencanaan Bisnis yang Perlu Kalian Ketahui

Informasi-informasi ini tersebut harus dipahami dan di pelajari agar jika ada pelanggan yang menanyakan informasi lebih lanjut seputar produk yang dijual, Anda dapat menjawabnya dengan mudah dan sesuai dengan keinginan konsumen .

  1. Mencari target yang tepat

Dengan cara jualan online tanpa modal ini, nantinya Anda dapat menentukan platform jualan online apa yang paling sesuai untuk digunakan. Selain itu, target konsumen juga berguna untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efesien tanpa harus mengulur banyak waktu untuk mencari konsumen.

  1. Mendaftarkan di marketplace yang besar dan terkenal

Hal termudah yang dapat dilakukan adalah mendaftarkan jualan online Anda di marketplace terkenal. Dengan cara ini toko online bisa mendapatkan exposure dengan lebih mudah.

Hal ini dikarena produk yang dijual dapat dilihat oleh pelanggan yang mencari dengan kata kunci yang sesuai.

  1. Membuat website toko online

Membuat website sendiri bukan berarti Anda harus memahami bahasa pemrograman dan mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Anda dapat menggunakan platform WordPress seperti website builder  atau Blogspot untuk dapat membuat website secara gratis.

  1. Ikuti perkembangan yang sedang tren

Pastikan untuk mengikuti perkembangan tren yang ada, agar produk yang dijual dapat bersaing dengan produk-produk dari kompetitor Anda. sebagai contoh, jika Anda memutuskan untuk berjualan pakaian laki laki, pastikan Anda mengetahui tren pakaian terbaru dan menjual pakaian yang sesuai dengan tren yang ada.

  1. Lakukan pemasaran yang efektif

Langkah paling awal untuk dapat menyusun strategi pemasaran adalah mengetahui siapa target konsumen Anda. Buat kelompok  untuk target bedakan berdasarkan gender, usia, hobi, dan lainnya. Dengan informasi tersebut , Anda dapat menyusun beberapa strategi yang sesuai dengan target yang telah ditentukan.